Rabu, 14 September 2016

Macam-macam Tirrai

Macam-macam Tirai
PENDAHULUAN
Dalam bidang keilmuan desain interior tak lepas dari peran serta jenis bahan material tersebut. Dalam memilih jenis varian kain tentunya kita mesti memilih dan mengecek material tersebut mulai dari melihat bentuk, corak, bentuk lipatan, dan tekstur yang harus kita cek dengan cara diraba dengan tangan tentunya. Seperti bahan material lainnya tentunya bahan kain juga memiliki beragam kekurangan seperti daya tahan kain terhadap sinar atau panas matahari, mudah tidaknya kain dibersihkan jika terkena noda, daya tahan kain terhadap gesekan-gesekan benda keras, masalah kusutnya kain serta daya tahan lunturnya corak atau warna kain dan sebagainya. Kegunaannya yang berfungsi untuk melapisi atau mengkaver bidang diantaranya terwujud dalam kain sofa yang biasa diaplikasikan pada sofa serta alat furniture lain dan bahan kain yang terbuat dari kulit yang juga seringkali diaplikasikan pada sofa, jok, dan barang barang furniture lainnya.
Di pasaran terdapat tirai jendela yang sering dikenal dengan gorden. Namun, perkembangan elemen pelengkap jendela semakin pesat sehingga saat ini gorden sudah mulai jarang digunakan dengan munculnya jenis tirai modern.selain karena desainnya simple, pilihan warna dan bahan dari tirai modern sangat variatif. Pemanfaatan tirai modern pun dapat dipadukan dengan gorden. Untuk itu, pandai dan jeli dalam memadukan gorden dengan jenis tirai modern untuk mendapat kenyamanan yang efektif dari penggunaan gorden.
            Setiap jenis tirai membutuhkan bahan yang berbeda. Curtain, misalnya, memerlukan bahan kain yang jatuh dengan lembut, sementara blinds memerlukan bahan yang lebih kaku namun tipis dan kuat. Perbedaan bahan akan mempengaruhi penampilan jendela. Berbekal pengetahuan seputar material, kita bias memilih bahan yang tepat.

ISI
Tirai
Tirai merupakan penutup jendela agar member privasi bagi penggunanya
Seiring perkembangan jaman tirai tidak hanya sekedar penutup tapi juga bagian dekorasi ruangan.
Jenis tirai dilihat dari penggunaannya :
  1. vitrage  : Tirai tipis dari kain transparan atau dikenal dengan vitrage atau ‘sheer’ untuk mengurangi sinar matahaari yang masuk kedalam ruangan. tirai jenis ini dibuat agar sebagian cahaya dari luar dapat masuk ke dalam ruangan tanpa harus membuka gordennya tapi privasi tetap terjaga. Seperti nama jenis tirainya, kain yang digunakan biasanya amat tipis dan tembus pandang, bahannya pun terbuat dari kain yang ringan dan semi-transparan. Ini alasannya kenapa tirai tipis pada umumnya sangat ringan dan sejuk. tirai tipis sering dikombinasikan dengan gorden lain sehingga menjadi dua lapis penutup pada satu jendela.
  2. Gorden : tirai yang lebih tebal dari kain atau sering disebut ‘curtain’ sebagai penutup jendela untuk memberikan privasi pada pemiliknya.
  3. Blinds: Kerai adalah tirai yang terbuat dari non kain. Jenis ini memberikan privasi pada ruangan.Bentuk ini sangat efisien dan memberi karakter kuat pada ruangan. Alternatif bahannya adalah dari kayu, aluminium, atau kertas.. Jenis blinds:
-Roller blinds atau tirai gulung, ketika ditarik bahan kerai akan menggulung keatas.
-Horizontal blinds, bilah bilah yang disusun berjajar memanjang/ horizontal untuk mengatur banyaknya sinar matahari sekaligus mengarahkan cahaya alami kedalam ruangan.
Macam- macam Roman blinds
Tirai Geser
Tirai geser lebih populer dengan nama gorden. Tirai biasanya dibuka dengan cara digeser ke arah samping. Bahan untuk tirai bisa bervariasi, seperti linen yang tebal dan terkesan berat, sutra yang lembut, beludru yang elegan, damask yang polos, tenun eksotis, atau bahan bertekstur. Warna dan motif penting diperhatikan. Sesuaikan dengan dekorasi keseluruhan.

Tirai Lipat
Tirai jendela terbuat dari kain yang bisa dibuka dan ditutup dengan cara dinaikkan (roman blind) atau digulung (rolling blind) ke atas, atau dilipat kesamping (vertical blind).
Bahannya bervariasi, mulai dari linen, kulit, kanvas, katun, sampai denim. Tirai ini bisa dimanfaatkan di dapur, kamar mandi, atau kamar tidur anak.
Kombinasi sheer dan tirai
Kombinasi tirai dengan sheer akan memberi kesan klasik dan elegan. Untuk siang, gunakan sheer dan tatalah tirai di sisi jendela. Sedangkan saat malam, pasang tirai untuk menjaga privasi.
Kombinasi roller blind dan roman blind
Roller blind yang dikombinasikan dengan roman blind terkesan tidak berat dan memberikan privasi tinggi pada ruangan
Macam-macam desain gorden
Triple Pleat Curtain (Gorden Tiga Lekuk)
Gorden jenis tiga lekuk ini disebut juga dengan French pleat curtains dalam bahasa inggris. Gordennya memiliki tiga lekukan di bagian atas, lekukannya itu sendiri dijepit dibagian bawah sehingga bagian atasnya terlepas mekar seperti bunga. Gorden model tiga lekuk ini lebih formal dan elegan dibandingkan dengan yang dua lekuk, maka dari itu gorden ini sering digunakan dalam ruangan bernuansa formal. Salah satu ciri yang membuatnya gampang dikenal adalah jika ditutup atau dilipat gordennya maka lekukan-lekukan tersebut akan tetap terlihat mencolok keluar.






Gorden Gantung atau Gorden Tab Gantung
Gorden ini dikenali dengan bentuk tab gantungnya yg berada di bagian atas gorden. Tab tab ini digunakan untuk memasukkan tiang gorden yang kemudian digantung didekat jendela. Karena tiang gorden yang berada dalam tab tab ini ter-ekspos maka tipe gorden jenis ini sering dikombinasikan dengan tiang tiang gorden yang terdekor cantik dan menarik untuk meningkatkan keindahan gordennya itu sendiri. Gorden tab gantung ini memberi suasana atau kesan yg casual sehingga banyak dipakai di rumah atau kamar tidur.



Gorden Cincin
Sesuai namanya, gorden cincin (grommet top curtains) memiliki lobang lobang seperti cincin di bagian atas gorden. Cincin cincin ini (eyelets) digunakan utk memasukkan tiang gorden supaya gordennya bisa tergantung pada tiang tersebut. Gorden ini banyak dijumpai dimana-mana, hotel, restaurant, perumahan, kantor, kamar mandi, hall, panggung, dsb dan peminatnya pun banyak.


Gorden Tiang Kantong
Gorden tiang kantong (rod pocket curtain) memiliki kantong di bagian atas yang dibuat agar tiang gorden dapat masuk ke kantong tersebut. Gorden kantong ini ada yang memiliki satu kantong, dua, bahkan tiga kantong tapi biasanya kantong lain hanyalah untuk hiasan dan yang bisa dipakai utk memasukkan tiang gorden cuman satu.







Gorden Cafe
Gorden cafe sering disebut juga dengan gorden dapur karena pada umumnya mereka dipakai di dapur. Gorden ini amat unik karena mereka didesign hanya untuk menutupi setengah bagian dari jendela. Gorden tipe ini sering ditemukan di cafe cafe khususnya cafe ala Eropa dan Barat. Tujuan dari designnya yg unik yaitu untuk membiarkan sebagian cahaya atau pemandangan luar masuk sekalian menciptakan suatu privasi kecil dalam dapur atau ruangan. Gorden cafe ini pada umumnya dipasang di bagian dalam kerangka jendela, dan biasanya disertai dengan valance pada bagian atas jendela.

 

PENUTUP
 Di pasaran terdapat tirai jendela yang sering dikenal dengan gorden. Namun, perkembangan elemen pelengkap jendela semakin pesat sehingga saat ini gorden sudah mulai jarang digunakan dengan munculnya jenis tirai modern.selain karena desainnya simple, pilihan warna dan bahan dari tirai modern sangat variatif.
Jenis tirai  dilihat dari penggunaannya antara lain  vitrage, gorden, blinds. Blinds memiliki beberapa macam antara lain Roller Blinds/ tirai gulung, Horizontal Blinds. Macam-macam Roman Blinds antara lain Tirai Geser, Tirai Lipat, Kombinasi Sheer dan Tirai, serta kombinasi Roller Blind dan Roman Blind.
Macam-macam desain gorden antara lain Triple pleat/ gorden tiga lekuk, gorden gantung, gorden tidur, gorden cincin, gorden tiang kantong, dan gorden café.

           
Daftar Pustaka

Weston, Tamsin(2006). 100 Ide Kreatif untuk Soft Furnishing. Penerbit Erlangga.

 Imelda, Akmal(2006). Tirai. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Jie, Yuni(2006). Simply Simple 100 Tips Desain Interior Modern. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.







0 komentar:

Posting Komentar