Jumat, 09 September 2016

Merancang Busana Bagi Daerah Tropis

Indonesia adalah Negara yang beriklim tropis. Iklim tropis adalah iklim yang hanya memiliki 2 musim yaitu musim panas dan musim hujan. Daerah tropis dapat dibagi dalam dua kelompok iklim utama yaitu tropis basah dan tropis kering yang masing-masing amat berbeda. Indonesia termasuk dalam daerah tropika basah atau daerah hangat lembab yang ditandai oleh kelembaban udara yang relatif tinggi (pada umumnya di atas 90%), curah hujan yang tinggi, serta temperatur rata-rata tahunan di atas 180C (biasanya sekitar 230C dan dapat mencapai 380C dalam musim kemarau).
Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis yang panas, iklim ini menyebabkan kita mudah berkeringat. Untuk mendukung iklim setiap daerah orang-orang tentu memiliki cara melindungi diri yang mungkin telah ada secara turun- temurun. Mekanisme perlindungan diri ini dapat berasal dari bentuk tempat tinggal, jenis makanan, serta cara dan bentuk pakaian. Nah, untuk daerah tropis sendiri karakteristik pakaian yang sesuai adalah pakaian yang mampu menyerap keringat dengan baik. Slah satu bahan yang memenuhi kriteria ini adalah kain katun.
            Belakangan ini cuaca di Indonesia tidak menentu.  Ada kalanya hujan, ada kalanya panas.  Bahkan, sekarang ini cuaca cenderung panas dan cukup menyengat kulit. Dengan keadaan seperti itu tentunya kita lebih mudah mengoleksi beberapa fashion yang cocok untuk musim yang ada pada saat itu. Pada dasarnya, ketika musim hujan tiba, kita berpakaian agak tebal dan menggunakan bahan yang tidak mudah basah. Lalu saat musim panas, kita berpakaian dengan bahan yang agak tipis, ringan, dan mudah menyerap keringat. Namun, prinsip dasar tersebut rasanya tidak cukup bagi Anda yang terus ingin tetap tampil menarik. Beberapa hal tersebut tadi mungkin hanya memberikan rasa nyaman sesuai cuaca yang dihadapi.


Untuk merancang busana tropis hal yang harus diperhatikan adalah bahan. Katun sangat cocok digunakan oleh orang-orang yang tinggal di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia.
Benang katun cocok untuk membuat baju didaerah tropis, karena memberikan rasa sejuk dan nyaman. Meskipun beberapa jenis ada yang mahal, tetapi katun kuat dan awet. Salah satu jenis katun adalah mercerized yang memiliki tekstur kuat dan berkilau.  Bahan pakaian ini sangat fleksibel untuk bentuk apapun, mulai dari kaos, baju muslim, hingga model gaun pesta muslim katun.
Motif yang lebih seirama dengan iklim tropis adalah motif-motif flora dan fauna berwarna natural, seperti hijau daun, kuning dan coklat.
Warna pakaian lebih terang merefleksikan pancaran ramah ke pemakainya, terutama jika dikenakan pada musim panas. Apalagi dari teori spektrum warna, pakaian warna hitam disebut-sebut akan membuat Anda lebih berkeringat ketika berada di bawah panas matahari dibandingkan pakaian berwarna terang. Dibanding warna gelap, warna cerah lebih mendukung jika dikenakan didaerah tropis seperti Indonesia.  Busana pelengkap juga dapat dikenakan pada busana daerah tropis. Aksesoris multifungsi seperti kacamata. Tidak hanya menambah nilai pada penampilan Anda, kacamata hitam dapat melindungi mata Anda dari teriknya matahari. Tidak hanya itu, sebuah topi juga jangan Anda lupakan. Bagi Anda yang memiliki rambut tipis, penggunaan topi dapat melindungi kulit kepala dari sinar matahari yang cukup terik. 
  
            Jadi Sobat, Untuk merancang busana tropis hal yang harus diperhatikan adalah bahan. Katun sangat cocok digunakan oleh orang-orang yang tinggal di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Motif yang lebih seirama dengan iklim tropis adalah motif-motif flora dan fauna berwarna natural. Jika memilih bahan polos, warna hitam akan membuat Anda lebih berkeringat ketika berada di bawah panas matahari dibandingkan pakaian berwarna terang. Busana pelengkap yang dapat dikenakan adalah kacamata dan topi.
           


0 komentar:

Posting Komentar