Selasa, 20 September 2016

Teknik Pewarnaan Dasar Ikat Celup (colet,celup,semprot)

Teknik Pewarnaan Dasar Ikat Celup (colet,celup,semprot)

Bismillah
Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam karya, Sobat. Pewarnaan pada tekstil dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah ikat celup. Teknik dasar dalam pewarnaan ikat celup dapat dikerjakan dengan colet, celup, dan semprot. Berikut ini penjelasannya,Sobat.
1.      Colet
Pewarnaan ikat celup dengan colet menggunakan jegul (alat bantu mewarnai seperti kuas tapi dari spons) (membuat alat mencolet). Selain menggunakan jegul dapat juga menggunakan kuas, dan cotton bud. Pewarnaan dengan alat bantu ini biasanya digunakan untuk mewarnai beberapa bagian saja yakni tidak secara keseluruhan kain.
2.      Celup
Celup adalah cara utama dalam ikat celup merujuk namanya yaitu ikat celup yakni diikat lalu dicelup. Cara ini paling mudah dilakukan karena langsung mewarnai seluruh kain.
3.      Semprot
Cara semprot ini adalah cara alternatif terutama untuk ujicoba ikat celup yang sering kali gagal. Dengan cara ini meminimalisir jumlah air yang terserap oleh serat kain. maka kemungkinan merember kedalam ikatan pun semakin tipis. Cara ini juga dapat memberikan alternatif untuk memberi motif lain pada pewarnaan ikat celup. Teknik semprot juga dapat menciptakan efek titik-titik pewarna pada kain.
 


Trimakasih, Semoga Bermanfaat...


0 komentar:

Posting Komentar